KULINER ALA SPANYOL

Jumat, 24 Februari 2017

KOTA Barcelona, Spanyol, menjadi salah satu tujuan berlibur wisatawan di Eropa. Saat menikmati momen bersantap, tiga makanan khas kota ini wajib Anda coba.

Berikut tiga makanan yang layak dicoba ketika Anda dan keluarga sedang berlibur ke Barcelona, terutaa saat musim panas, seperti dikutip Sacurrent.


1. Roti tomat
Image result for roti tomat
Makanan satu ini terbilang sederhana, tapi rasanya lezat dan umum ditemukan di Barcelona. Biasanya roti ini ditemui di wilayah Catalonia, Aragon, dan Majorca. Roti tomat dibuat dari irisan roti panggang, bawang putih, tomat, serta garam dan minyak zaitun. Bawang putih memberikan aroma sedangkan tomat untuk juicy-nya.


2. Totilla espanolas

Image result for Tortilla espanolas

Makanan ini dibuat dari jagung atau tepung roti, dan merupakan salah satu yang paling fleksibel karena bisa disajikan saat panas, dingin, ataupun pada suhu ruangan. Tortilla pun bisa memiliki rasa gurih atau manis dan bisa dimakan setiap saat.

Tortilla versi Spanyol biasanya tebal dan berbentuk seperti frittata. Di Barcelona, yang terkenal adalah berbasis telur, yaitu tortilla de las ninas. Makanan ini dibuat dengan cara dibungkus dengan daging ayam dan diberi saus bechamel.

Ada pula tortilla de la panadera, terdapat roti yang sudah digoreng dengan tomat bersembunyi di dalamnya. Untuk penutupnya, ada tortilla de manzana tommie, dimana adanya dominasi rasa manis sebab terdapat tart apel dengan topping memiliki rasa manis sehingga telurnya terasa saat hidangan ini disantap.


3. Jamon lberico

Image result for Jamon iberico

Terakhir adalah jamon lberico, yang dibuat dari babi liberian hitam, dilengkapi biji-bijan dan zaitun. Memiliki rasa yang halus, biasanya untuk dagingnya diberi mentega karena akan dikeringkan selama 12 hingga 48 bulan. Makanan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi dari serrano ham. Biasanya digunakan pada roti atau pizza dengan diberi keju atau buah zaitun karena bisa memperkaya rasanya.