MAKANAN KHAS URUGUAY

Jumat, 24 Februari 2017

Berkunjung ke luar negeri tak lengkap jika tidak menikmati sajian kuliner yang dimiliki oleh negara-negara tersebut. Semua sajian makanan khas setiap negara biasanya disajikan dengan resep masakan yang dan bumbu yang khas sehingga mampu memiliki cita rasa yang kuat.

Seperti negara lain di dunia, Uruguay dan Kosta rika memiliki makanan khas masing-masing. Pada tahun 2014, kedua negara ini pernah bertanding dalam kejuaraan sepak bola piala dunia. Jadi tak salah jika makanan khas dari kedua negara ini masuk dalam artikel makanan sekaligus artikel masakan.

Berikut ini akan dijelaskan makanan tradisional khas Uruguay dan Kosta Rika:

1. Empanada

Empanada, Masakan Tradisional Ala Uruguay Dan Kosta Rika

Makanan ini merupakan roti isi atau pastry yang diolah dengan cara digoreng atau dipanggang. Untuk membuat Empanada biasanya adonan akan dilipat dan diberi isian. Untuk isian roti ini dapat berupa keju, daging, sayuran, buah atau huitlacoche. Jika di Indonesia, empanada ini menyerupai pastel dengan isi wortel, bihun dan telur.


2. Asado

Asado, Masakan Tradisional Ala Uruguay Dan Kosta Rika

Makanan ini dibuat dari bahan daging domba dan daging sapi. Keunikan makanan ini berasal dari cara memotong dagingnya. Pengolahan daging ini dilakukan dengan cara dipanggang atau digoreng. Dalam proses pemasakan, daging diberi bumbu khas serta jika sudah matang bisa dihidangkan dengan menggunakan sayuran. Sebagai salah satu makanan khas Uruguay, Asado di negara lain biasa disebut sebagai steak.


3. Tamale

Tamale, Masakan Tradisional Ala Uruguay Dan Kosta Rika

Hidangan ini merupakan makanan khas tradisional Kosta Rika. Dalam proses pembuatannya, tamale dibuat dari bahan tepung jagung, kunyit, beras, daging baby, sayuran dan kacang-kacangan. Semua bahan tersebut dicampur kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Makanan ini biasa disajikan dalam perayaan khusus misalnya natal. Akan tetapi perut gendut tak peru khawatir karena banyak toko kue atau restoran yang menjual tamale di Kosta Rika.


4. Gallo Pinto

Gallo Pinto, Masakan Tradisional Ala Uruguay Dan Kosta Rika

Gallo Pinto adalah olahan dari bahan nasi yang dicampur dengan kacang hitam. Dalam penyajiannya, gallo pinto dihidangkan bersama dengan telur, pisang goreng, krim asam, dan sayuran. Hidangan ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan. Hidangan ini memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari.


5. Arroz con leche

Arroz con leche, Masakan Tradisional Ala Uruguay Dan Kosta Rika

Arroz con leche merupakan bubur yang dibuat dari beras dan dimasak bersama dengan gula palem, susu cair, kayu manis dan jeruk lemon. Untuk menambah cita rasa, makanan ini bisa ditambahkan pula rhum dan kismis. Selain itu, bisa ditambahkan pula kocokan telur dan gula.


Itulah ulasan makanan yang bisa menjadi referensi yang penasaran dengan kuliner khas dari negara Uruguay dan Kosta Rika. Berbagai artikel masakan kini banyak beredar di internet yang bertujuan untuk menambah informasi bagi para pecinta kuliner yang memiliki hoby memasak.