ANEKA MASAKAN ALA SPANYOL

Kamis, 23 Februari 2017

1. Ajoblanco (Spanish Cold Soup)



Ajoblanco merupakan masakan khas dari wilayah Malaga dan Granada atau yang biasa di sebut negara spanyol, sup dingin ini biasanya dihidangkan bersama buah-buahan seperti anggur dan melon. Ajoblanco awalnya dihidangkan bagi para pekerja lapangan yang menginginkan makanan yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan di bulan-bulan saat musim panas berlangsung.Langsung saja kita simak resep berikut ini,


Bahan:
50 gram kacang almond cincang (jika Anda menggunakan almond mentah, rendam kacang almond dalam air mendidih selama 1 menit lalu cuci beberapa detik dengan air dingin, lalu kupas)
3 potong  baguette
3 siung bawang putih
1 sdt garam
1 liter air
5 sdm vinegar (opsional)
5 sdm minyak zaitun
20 buah anggur hijau tanpa biji
garam secukupnya

Cara Membuat:
1.Kupas bawang putih, rendam baguette dalam 1-2 gelas air dingin.
2.Sementara itu blender bawang putih bersama almond lalu tiriskan baguette dari air dan masukkan ke dalam blender bersama 1 sdt garam, sambil terus memblender, tambahlan minyak zaitun, vinegar, dan air. Cicipi, jika rasanya masih kurang pas tambahkan garam dan minyak zaitun sesuai selera Anda.
3.Tuang ke dalam kontainer lalu simpan dalam lemari es selama 3 jam bahkan semalaman. Hidangkan bersama buah anggur.

Ajoblanco yang juga dikenal dengan sebutan "White Gaspacho" dapat langsung diminum seperti layaknya minuman. Namun kebanyakan koki di Spanyol menghidangkannya bersama potongan roti atau kentang panggang. Resep ini sangat cocok untuk dicoba bagi Anda penggemar masakan khas Spanyol.

Anda juga dapat memasukkan ajoblanco ke dalam termos untuk dibawa sebagai bekal makanan di saat piknik. 

2. Empanada (Pastel A La Spanyol)


Empanada merupakan kudapan yang awalnya berasal dari Spanyol, tepatnya Galicia. namun dalam perkembangannya empanada banyak dihidangkan di berbagai wilayah di dunia seperti Amerika Selatan, Eropa selatan dan Asia Tenggara, yang mana kita sebagai orang Indonesia mengenalnya dengan sebutan pastel. Berikut resep lengkapnya,


Bahan:
630 gram tepung terigu
1 1/2 sdt garam
112 gram shortening
315 ml air
2 sdm minyak zaitun
1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang
sejumput garam
750 gram daging sapi cincang
2 sdm bubuk paprika
1 sdm jinten bubuk
1/2 sdt lada hitam tumbuk
75 gram kismis kering, cuci lalu tiriskan
2 buah telur rebus, potong-potong lalu hancurkan
1 liter minyak goreng

Cara Membuat:
1.Dalam wadah berukuran sdang, aduk tepung terigu bersama tergi dan garam, tambahkan shortening lalu aduk campuran menggunakan tangan sehingga berbentuk remahan tambahkan air sedikit demi sedikit menggunakan sendok makan sehingga akhirnya adonan berbentuk bola, kemudian ratakan dan bungkus dengan plastik wrap dan simpan dalam lemari es selma satu jam.
2.Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay lalu daging sapi, tambahkan garam, paprika, jinten dan lada hitam, masak hingga daging sapi matang kecoklatan. Angkat lalu tiriskan. Tambahkan kismis lalu dinginkan di dalam lemari es, setelah dingin keluarkan dari lemari es dan tambahkan telur, aduk hingga merata.
3.Bentuk adonan kulit menjdi bola-bola kecil berdiameter 5cm lalu giling hingga tipis, isi dengan campuran daging lalu lipat menjadi bentuk setengah lingkaran, pilin pinggitannya menggunakan jemari Anda sehingga berbentuk pastel.
5.Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.

Selain digoreng empanada juga dapat dimasak dengan cara dipanggang.  Pada zaman dahulu di Portugal empanada biasa diisi dengan beragam daging ikan seperti ikan kod maupun sarden. Di Indonesia sendiri kudapan bernama empanada atau pastel ini diwariskan sejak masa kolonial bangsa Portugal. Sementara di Filipina kudapan ini diwariskan sejak masa kolonial Spanyol.

Selain berisikan daging dan ikan, empanada juga bisa diisi dengan beragam sayuran maupun buah-buahan. Seperti di Afganistan misalnya. empanada biasanya diisi dengan kentang.

Empanada (Pastel A La Spanyol) ternyata sangat mudah untuk dibuat, silahkan coba resepnya di dapur Anda! Dijamin Anda dan keluarga pasti ketagihan untuk mencicipinya.