MAKANAN KHAS THAILAND

Jumat, 24 Februari 2017

Thailand adalah salah satu destinasi favorit wisata di kawasan Asia Tengara. Negara yang beribukota di Bangkok ini memang mempunyai sesuatu yang menjadikannya layak untuk dikunjungi. Mulai dari tempat- tempat bersejarah,  tempat belanja, tradisi yang sudah turun temurun dan unik, serta berbagai hal – hal lainnya.
Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah dalam segi makanan.  Makanan Thailand adalah makanan dengan dimasak dengan bumbu dan resep khas Thailand. Ciri khas makanan dan masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas. Dengan beragam jenis makanan tersebut, tentu akan membuat Kamu kebingunan untuk memulai dari mana dulu. Untuk itu, dalam artikel ini, saya akan menyusun 15 makanan terlezat khas Thailand yang layak dicoba.


1. Tom Yum Goong



Semua orang setuju jika makanan ini merupakan perwakilan dari seluruh masakan Khas Thailand. Sebuah masakan dengan bumbu yang berani, memadukan campuran serai wangi, cabai, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, air jeruk nipis dan saus ikan. Bentuk sup ini sangat sederhana, memberikan rasa rempah –rempah yang menendang. Udang segar dan jamur memanjakan tubuh. Sebuah hidangan serbaguna yang dapat ditampung dalam waktu makan, bau khas mengingat Kamu tentang parfum eksotis, sementara itu rasa asam-pedas-panas menggambarkan Thailand itu sendiri.


2. Gang Som Pak Ruam

Image result for Gang Som Pak Ruam

Makanan ini adalah sup. Sup yang menggabungkan rasa manis, asam dan pedas. Perpaduan wortel segar, daun kubis, dan kacang hiaju dan biasa disajikan bersamaan dengan telut dadar dan sayuran hijau khas Thailand.


3. Pad Thai

Image result for Pad Thai

Pad thai merupakan salah satu makanan Thailand yang menjadi favorit bagi setiap turis asing yang berkunjung ke Thailand. Makanan ini terbuat dari mie yang dicampur bersama tauge, telur dan bawang. Dalam pembuatannya, makanan ini bisa terasa nikmat karena penggunaan bumbu yang menyertainya, seperti kecap ikan, bubuk cabai, gula dan juga kacang tanah. Saat pertama mencicipinya, dijamin Kamu pasti akan merasa ketagihan untuk kembali mencobanya.


4. Gaeng Daeng

Image result for Gaeng Daeng

Jika Pad Thai adalah makanan yang berbahan dasar mie, maka Gaeng Daeng memiliki bahan yang lain. Makanan yang satu ini dibuat dari potongan daging sapi, santan halus, pasta kari merah dan ditaburi dengan jeruk nipis. Makanan ini memiliki cita rasa yang begitu aromatik, sehingga dapat menggugah selera bagi Kamu yang mencicipinya.


5. Geng Kheaw Wan Gai
Image result for Geng Kheaw Wan Gai

Geng kheaw Wan Gai merupakan salah satu kuliner khas Thailand yang terbuat dari potongnan ayam segar dengan tomat hijau yang dapat menggugah selera. Selain tomat hijau, makanan ini dibuat dengan rebung dan ketumbar, kemudian dicampurkan dengan daun kemangi, sehingga menjadikan masakan ini sangat istimewa. Sementara untuk kuahnya dibuat dari tomat dan daun –daunan hijau yang dibuat menjadi pasta dan dicampurkan dengan santan kental dan beragam bumbu yang khas.


6. Gang Keow Wan

Image result for Gang Keow Wan

Menjadi menu yang selalu di cari –cari oleh wisatawan, menu ini mungkin lebih dikenal dengan Kari Hijau Thailand. Campuran pasta kari hijau, rebung, irisan daging ayam, santan, daun basil, lengkuas, serai hingga terong Thailand menjadikan kari ini terasa kaya akan remah –rempah. Makanan ini sering disajikan nasi putih.


7. Panang Gai
Image result for Panang Gai

Masih dari ranah kari Thailand, Panang Gai ini merupakan campuran pasta kari merah yang digoreng dengan suwiran daging atam sebelum disirami santan. Bukan hanya rasa yang pedas saja yang dapat Kamu rasakan, namun masih ada esensi segar dari percikan air jeruk purut.


8. Som Tam

Image result for Som Tam

Hidangan yang satu ini dibuat dari pepaya parut yang ditumbuk. Berdasarkan variannya, Som Tam dibedakan menjadi tiga jenis, yakni som tam menggunakan bahan dasar kepiting hitam asin, som tam plara yang dibuat dari ikan gurame asin, kecap asin, kacang panjang dan terong putih, dan juga som tam thai yang terbuat dari kacang tanah dan ebi.


9. Gang Massaman

Image result for Gang Massaman

Makanan kari terakhir adalah Gang Massaman. Berbeda dengan masakan kari sebelumnya, makanan ini dominan dengan rasa yang manis. Saus karinya dibuat dari kombinasi pasta kari, santan, dan rasanya yang kuat berasal dari kacang, sedikit pala dan kayu manis. Massaman juga biasanya dibuat dengan suwiran daging ayam dan potongan kentang, rasa santannya juga lebih terasa. Cocok untuk Kamu yang menyenangi masakan berbumbu pekat.


10. Gai Pad Pongali

Image result for Gai Pad Pongali

Berbahan dasar daging ayam, bawang, tomat dan juga paprika, semuanya kemudian dengan pasta kari kuning. Teksturnya lebih halus, dan kelebihan lain yang menjadikan hidangan ini spektakuler adalah dengan adanya telur yang langsung diretakkan di atas menu sehingga lebih mengental dan bercampur dengan bahan lainnya. Kamu juga akan menemukan daun peterseli dalam porsi yang cukup banyak. Biasa disajikan bersama nasi putih.


11. Gang Jued
Image result for Gang Jued

Jika melihat deretan makanan yang ada, Gang Jued bisa dikatakan menjadi salah satu yang termasuk dalam kategori sehat, sebab bahan dasar yang digunakan kebanyakan adalah sayuran, mulai dari wortel, kubis, bawang dan ada tahu, soun, daging bacon yang dicincang halus, hingga daun peterseli segar. Tampilannya nampak seperti pelangi, dominasi warna –warni sayuran dan fresh.


12. Jim Jum

Image result for Jim Jum

Nama makanan yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga Kamu.  Makanan ini dimasak dengan menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat. Jim Jum merupakan kaldu aromatik terbuat dari daging bacon yang direbus bersamaan dengan kubis, telur, soun dan daun basil khas Thailand. Semua bahan direbus bersamaan dalam pot tanah liat tersebut.


13. Kao Na Phet

Image result for Kao Na Phet

Bebek panggang, jamuan daging yang satu ini merupakan spesialisasi di sebagian besar negara di Asia. Kao Na Phet adalah salah satu menu Kamulan dengan bahan dasar bebek, disajikan secara nikmat diatas piring, nasi dengan pilihan bagian daging bebek. Dilengkapi juga dengan sup bebek.


14. Kai Jiew Moo Saap

Image result for Kai Jiew Moo Saap

Masakan ini menggunakan dadar telur sebagai gaya memasaknya, rasanya hampir sama seperti dadar telur yang biasa disajikan dirumah. Hanya saja makanan ini diperkaya dengan campuran kecap ikan dan daging bacon yang dicincang halus. Campuran telur ini kemudian ditambah ke atas nasi hangat, dan dapat ditambah dengan saus sambal sesuai dengan selera Kamu.


15. Kai Med Ma Muang

Image result for Kai Med Ma Muang

Jika sebelumnya Kao Na pet terbuat dengan bahan dasar Bebek, makan Kai Med Ma Muang adalah makanan dengan bahan dasar ayam. Makanan ini hampir sama cara penyajiannya, namun cara memasaknya dengan di tumis. Bahan lainnya adalah kacang panggang, kecap manis, bawang, cabe, lada, wortel dan jamur. Dan cara penyajiannya pun di tambah dengan nasi putih hangat.