10 KULINER YANG POPULER DI INDONESIA

Jumat, 17 Februari 2017

Berikut 10 daftar makanan yang paling populer.

1. Sambal

Secara teknis sambal merupakan bumbu, yaitu saus berbasis cabai, kombinasi terasi, air jeruk nipis, gula dan garam yang dihaluskan dan menguggah selera. Sambal seolah-olah menjadi sajian yang wajib dihadirkan di setiap meja makan keluarga di Indonesia. Bahkan ada yang bilang hidangan tidak lengkap jika tidak menuangkan sambal.

2. Sate


Daging sapi, ayam, kambing, domba, dan kelinci dipotong kecil-kecil, lalu direndam dalam bumbu. Sebelum dibakar, daging yang telah ditusuk itu dicelup ke saus kacang, kemudian dimasak di atas bara panas sehingga mengeluarkan asap berbau khas.
Meski ada negara lain yang mengklaim sate, tapi orang Indonesia menganggapnya sebagai hidangan nasional karena banyak dijual di pinggir jalan. Sate di Indonesia juga banyak versinya, mulai dari sate madura hingga sate padang.

3. Bakso


Makanan dengan menu utama daging yang dibentuk bulat-bulat dengan kuah gurih ini mendadak populer di dunia internasional, ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebutnya sebagai salah satu favoritnya saat berkunjung ke Jakarta pada November 2010.
Terbuat dari daging ayam, sapi atau kombinasi dari semuanya, bakso biasanya dijual menggunakan gerobak. Bakso dihidangkan dengan kuah yang ditaburi bawang merah goreng, telur rebus dan laksa.

4. Soto


Makanan ini seperti sop, kuahnya terbuat dari kaldu daging, dan berisi sayuran. Daging sapi dan ayam adalah bahan yang paling sering digunakan. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas masing-masing daerah, dengan komposisi yang berbeda misalnya soto Madura, soto Kediri, soto Lamongan, soto Betawi.

5. Nasi goreng

Ini juga termasuk 'makanan nasional' di Indonesia. Nasi goreng dijual dengan berbagai cita rasa dan sajian khas setiap daerah. Apalagi nasi goreng merupakan makanan yang paling gampang ditemui. Nama nasi goreng kadang terdengar aneh, seperti nasi gila, atau bahkan nasi resek.

6. Gado-gado
  

Ada perumpamaan unik yang disematkan orang terhadap kota Jakarta. Ya, Jakarta adalah kota gado-gado karena di dalamnya terdapat berbagai macam campuran suku bangsa dan bahasa dari seluruh Indonesia.

7. Nasi Uduk

Ini adalah kuliner favorit pribumi, Betawi. Namun kuliner ini telah dikenal luas di luar suku Betawi. Nasi dimasak dalam santan kemudian disajikan dengan berbagai lauk dan pelengkapnya. Lauknya hampir selalu terdiri dari ayam goreng, telur rebus dan tempe dengan ikan asin. Ditaburi emping atau kerupuk melinjo.

8. Nasi Padang


Hampir setiap orang di Indonesia mengenal jenis kuliner ini. Dengan harga yang relatif terjangkau, nasi padang menjadi pilihan jika ingin menikmati daging rendang atau kari ikan. Nasi padang paling nikmat kalau disantap menggunakan tangan.

9. Ayam Goreng


Berbeda dengan yang ada di gerai makanan cepat saji, ayam yang dipakai untuk lalapan ayam goreng adalah ayam kampung. Meski dagingnya ukurannya lebih kecil, namun diklaim lebih sehat dibanding ayam di gerai makanan cepat saji, karena ayam dibiarkan tumbuh kembang secara alami.

10. Gudeg


Inilah makanan khas dari Keraton Yogyakarta. Nangka muda yang direbus selama berjam-jam di dalam santan dan gula aren. Cita rasa yang ditimbulkan adalah rasa manis, lunak, dan lembut hingga tak memerlukan banyak tenaga untuk mengunyah. Warna cokelat dari gudeg didapat dari daun jati, seperti nasi uduk, gudeg disajikan dengan nasi, telur rebus, ayam atau dendeng sapi.

LIHAT JUGA ARTIKEL KAMI YANG LAINNYA