MAKANAN ALA PERANCIS

Kamis, 23 Februari 2017

MADELEINE

1. MADELEINE

Madeleine adalah kue khas Perancis yang ada sejak abad ke-19. Makanan khas Perancis ini pertama kali dibuat oleh juru masak yang bernama Madeleine Paulmier. Bentuk Madeleine yang unik seperti kerang dan teksturnya yang lembut menjadikan ia sebagai salah satu makanan yang tidak boleh terlwatkan. Kalau rasanya hampir mirip dengan bolu di Indonesia namun Madeleine lebih terasa mentega dan lemonnya. Sangat pas apabila ditemani teh hangat sambil menikmati liburan. Makanan yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di supermarket dan pasar tradisional.

2. CREME BRULEE

Crème Brulee merupakan puding manis khas Perancis yang berbahan baku krim dan kuning telur. Semakin enak bila disiram karamel di atasnya. Biasanya Crème Brulle ini dikemas dalam wadah kecil. Ezytravelers bisa mendapatkan puding yang satu ini di supermarket atau jajaran toko makanan. Ingin mencobanya? Segera agendakan kunjungan kamu ke Perancis.

3. MENTEGA ASIN (BUTTER WITH SEA SALT)

Selain terkenal sebagai negara fashion, Perancis juga mempunyai aneka makanan yang enak dan beragam. Makanan lezat tersebut dihasilkan dari bahan makanan berkualitas tinggi. Rasa mentega ini sangat berbeda dengan mentega biasanya. Sampai-sampai para chef dari berbagai penjuru dunia juga merekomendasikan mentega asin sebagai barang yang harus Ezytravelers bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Perancis.

4. TINY GOAT CHEESE


Keju Kambing (goat cheese) dikenal dengan kandungan lemak lebih rendah serta kaya protein. Aroma dan rasa yang dihasilkan sangat khas sehingga patut jadi rekomendasi untuk dicicipi dan dijadikan oleh-oleh. Di dalam Tiny goat cheese biasanya terdapat kacang. Rasa kacang dan kekentalannya mirip dengan tiga kali keju Brie (keju yang terbuat dari susu sapi).

5. PATE

Pate adalah makanan yang diawetkan dan dikemas dalam kaleng. Biasanya berisi hati, daging, atau yang lainnya. Pate ini bias diolah menjadi makanan lezat sesuai keinginan. Karena sifatnya yang tahan lama jadi jangan khawatir kalau ingin dibawa pulang untuk keluarga di rumah.

6. MARSHMALLOW BEARS

Marshmallow adalah makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna. Bila dimakan akan terasa kenyal dan manis. Di Perancis, Marshmallow atau Oursons guimauve sangat disukai anak-maupun orang dewasa.

7. ESCARGOT


Escargot, nama makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi karena kita bisa menemuinya dengan mudah di restoran-restoran Perancis di Indonesia. Makanan berbahan baku daging siput ini memiliki tampilan yang kurang meyakinkan tapi sudah banyak orang yang mengakui kelezatan Escargot. Jika Ezytravelers merasa petualang di dapur, cobalah menyiapkan Escargot sendiri. Siput ini sudah banyak dijual baik yang kalengan ataupun yang masih segar. Jadi ayo berburu siput dan masak Escargot sendiri di rumah. Kalau Escargot-nya ingin dibawa pulang untuk buah tangan, pilih yang kalengan ya, karena lebih bertahan lama.

8. MACARON

Macaron sangat terkenal di Perancis karena memiliki bentuk yang imut dan berwarna cerah. Cita rasanya sendiri didominasi oleh rasa gurih almond yang diisi aneka rasa dan warna, seperti mawar, raspberry, lemon, pistachio, dan oranye. Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan sedikit chewy di dalamnya.

9. CHESTNUT PASTE

Pernahkah kalian melihat buah berbentuk seperti jengkol berwarna coklat mengkilat dan berkulit keras? Itulah yang dinamakan Chestnut. Chestnut merupakan buah dari pohon chestnut yang banyak tumbuh di daerah Perancis. Chestnut ini dapat dibuat pasta dan dijual dalam kemasan aneh yang mengingatkan kita pada pasta gigi. Bentuk kemasannya yang lucu, rasanya yang manis, dan teksturnya yang sedikit fruity sangat cocok menjadi pasangan roti, crepes, dan croissan.

10. SIRUP CORDIAL

Sirup Cordial berwarna cerah dan bisa dikonsumsi seperti minuman ringan. Sirup khas Perancis ini dijual dalam beberapa macam rasa, seperti lavender dan peach atau  mint.

Demikian Daftar makanan-makanan ala perancis :D jika ke perancis jangan lupa mencoba ke 10 daftar makanan ini ya ^_^