ANEKA MASAKAN JEPANG

Kamis, 23 Februari 2017

1. Takoyaki

Resep Masakan Jepang Paling Top Saat Ini

Jepang merupakan negara berbudaya tinggi yang memiliki cita rasa dan karsa yang selalu mampu menarik perhatian banyak orang. Seperti halnya kuliner Jepang yang selalu populer di berbagai negara. Seperti layaknya Indonesia yang kini telah mengembangkan kuliner khas Jepang di beberapa kota. Bahkan, anda juga bisa membuat sendiri masakan khas Jepang seperti takoyaki dan okonomiyaki yang kini banyak diminati masyarakat. Untuk itu, anda bisa melihat panduannya dengan resep makanan jepang takoyaki dan okonomiyaki.

KELEZATAN TAKOYAKI DAN OKONOMIYAKI PALING TOP

Takoyaki merupakan bola-bola kecil berdiameter 3,5 cm atau 4 cm yang dibuat dari tepung takoyaki atau dengan tepung terigu yang didalamnya terdapat isian gurita atau pun lainnya. Umumnya di Jepang takoyaki berisi gurita sementara di Indonesia bisa pula diganti dengan cumi-cumi, udang, daging ayam, bakso, sosis atau lainnya.

Takoyaki dibuat diatas cetakan dengan beberapa lubang bulat, sementara bedanya dengan okonomiyaki adalah dibuat datar seperti pizza diatas teppan. Okonomiyaki disebut pula dengan pizza Jepang yang tentunya menggugah selera. Yang membedakan takoyaki dan okonomiyaki adalah pada isiannya, karena okonomiyaki hanya berisi sayuran dan bisa pula ditambahkan kerang dan cumi-cumi.

Adapun persamaan dari keduanya yang merupakan kelezatan paling top adalah tambahan katsuo bushi dan juga aonori yang memiliki rasa sanga khas. Katsuobusi ini merupakan serutan ikan cakalang atau ikan tuna yang diawetkan dan aonori adalah bubuk rumput laut.

RESEP MEMBUAT TAKOYAKI

Untuk resep makanan takoyaki maka bahan yang dipersiapkan adalah:

- 200 gr tepung terigu
- 2 butir telur dikocok lepas
- ½ sdm baking powder
- 100 ml air kaldu ayam
- Garam atau penyedap rasa
- Gurita atau cumi-cumi yang direbus setengah matang dan dipotong dadu
- 2 siung daun bawang diiris halus
- Irisan bawang bombay
- Saus takoyaki
- Mayonaise
- Katsuobushi dan aonori

Cara Membuat Takoyaki Yang Enak :

1. Pertama silahkan anda campurkan bahan adonan seperti tepung terigu, telur, baking powder, kaldu ayam dan juga garam yang diaduk rata.
2. Kemudian masukkan adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak secukupnya dan gunakan api sedang. Ratakan adonan tersebut hingga ke seluruh lubang dan kemudian masukkan bahan isian seperti cumi-cumi, daun bawang dan bawang bombay serta tambahkan penyedap rasa kemudian timpa kembali dengan adonan hingga tertutup.
3. Masak takoyaki dengan cara dibalik-balik hingga matang merata. Lalu sajikan diatas piring dan tambah dengan saus takoyaki serta manyones dan jangan lupa taburi dengan aonori dan juga katsuobushi.

2. Kue Mochi Jepang Isi Cokelat Yang Kenyal

Resep Kue Mochi Jepang Isi Cokelat Yang Kenyal

 Mochi Jepang merupakan salah satu kue tradisional khas Negeri Matahari yang biasanya disajikan ketika perayaan Mochitsuki atau perayaan Ulang Tahun Jepang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal, sehingga tak heran jika kue ini digemari bagi kebanyakan orang.

Bicara mengenai bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue mochi ini yaitu Tepung Ketan, dimana tepung ketan inilah yang menghasilkan tekstur kenyal pada Kue Mochi. Selain tepung ketan, bahan lain yang digunakan yaitu gula pasir, mentega putih dan santan kental. Namun kali ini kali ini kami mencoba memberikan sedikit resep yang berbeda dengan kue mochi jepang lainnya, kita mencoba berkreasi dengan selai cokelat sebagai bahan isinya dan juga wijen putih sebagai bahan luarannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- 300 gram Tepung Ketan
- 175 gram Gula Pasir
- 50 gram Mentega Putih
- 300 ml Santan Kental
- ½ sendok teh Garam
- Wijen Putih, kemudian anda sangrai
- Selai Cokelat
- Minyak secukupnya (untuk mengolesi loyang)

Nah setelah anda menyiapkan semua bahan-bahannya, silahkan anda simak cara membuat resep mochi jepang ini selengkapnya.

Cara membuat resep mochi jepang :

1.Pertama anda campurkan tepung ketan dengan garam kedalam wajan, anda aduk hingga rata.
2.Kemudian anda masukkan sedikit demi sedikit santan kental, anda uleni adonannya menggunakan tangan hingga adonan terasa halus.
3.Selanjutnya anda siapkan loyang guna mengukus mochinya. Oleskan loyangnya menggunakan minyak secukupnya. Tuangkan adonan mochinya kedalam loyang, kemudian anda kukus selama +/- 40 menit.
4.Setelah adonan matang, kemudian anda aduk menggunakan mixer kaki spiral.
5.Masukkan gula dan mentega putih kedalamnya, aduk hingga rata dan tunggu adonannya hingga kilas dan dingin.
6.Lalu anda bentuk adonan bulat-bulat kecil, masukkan juga selai cokelat kedalamnya sebagai bahan isi.
7.Kue mochi kemudian anda gulingkan ke wijen putih yang sudah disangrai dan siap diSajikan

Nah seperti itulah proses pembuatan kue mochi jepang, silahkan anda mencobanya sendiri didapur ya.

Selamat mencoba ^_^ Arigatou gozaimasu