JAJANAN DAN MAKANAN KHAS FILIPINA

Jumat, 24 Februari 2017

1. Chicken Adobo



  Makanan yang satu ini hampir bisa ditemukan diseluruh rumah makan sederhana dipinggiran jalan di Filipina. Mirip dengan Bestik kalo di Indonesia. Dengan daging ayam yang  dimasak dengan kecap asin dan dipadu dengan kentang, biasanya makanan ini sering disajikan juga ketika teman-teman sedang dalam perjalanan ke Filipina dengan pesawat.


2. Balot



  Balot adalah jajanan khas Filipina. Balot biasanya dibeli saat menjelang malam hari. Dan bagian paling enak menurut orang Filipina adalah tulangnya. Air dari balot juga hampir  sama dengan sup ayam. Balot memiliki kadar protein yang tinggi, sehingga dipercaya mampu membuat orang lebih kuat. Balot paling enak dimakan setelah usia 21 hari dimana  janin bebek sudah membentuk paruh dan bulu. Biasanya, balot dimakan bersamaan dengan garam atau cuka dan semakin nikmat jika diminum dengan minuman berkarbonasi.


3. Halo-Halo



 Di Indonesia, mungkin ini disebut dengan es campur, tetapi racikan dan komposisi makanan penutup ala Filipina ini lebih compleks dan bervariasi. Halo-Halo merupakan minuman es Filipina. Menggunakan buah nangka, daging kelapa, buah palm, pisang, ice cream, ubi ungu manis, nata de coco, ketan, jagung, sago, dan juga susu. Es halo halo  sangat segar diminum dan sangat terasa nikmat.


4. Chicken Inasal



 Makanan ini bisa ditemukan hampir diseluruh penjuru sudut Metro Manila. Bisa disebut juga dengan ayam panggang atau bakar, tapi di Bacolod ini bukan sekedar ayam bakar biasa. Daging direndam dalam campuran serai, calamansi (jeruk khas Filipina), garam, merica, dan bawang putih, lalu diolesi dengan minyak achuete (biji annatto). Setiap bagian dari ayam yang dipanggang terdiri dari paa (paha), pecho (payudara), baticulon (tenggorokan), atay (hati), Pakpak (sayap), dan corazon (jantung). Lalu sajian itu sangat enak jika dihidangkan pula bersamaan dengan nasi bawang putih. Dan jangan lupa untuk mencelup daging terlebih dahulu ke dalam minyak jeruk.


5. Lechon Babi



 Lechon atau babi panggang merupakan makanan yang harus disajikan dalam setiap kali perayaan di Filipina. Seperti acara ulang tahun, Natal (terutama di Butuan), fiesta, pernikahan. Karena merupakan makanan yang sangat pokok, pada kesempatan tersebut akan terasa tidak lengkap tanpa kehadiran babi panggang. Di Filipina ini sendiri, makanan ini sangat mudah dijumpai. Dengan kulit renyah dan lembut, daging lezat, menggoda untuk menggigit daging ini selagi panas. Hanya, makanan ini tidak disarankan bagi  yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.


6. Beef Caldareta



 Ini tentunya makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke negeri “Paman Marcos”. Beef Caldareta merupakan hidangan yang sangat lezat, yang dibuat dengan tomat, cuka pasta dan merica. Kentang dan wortel juga dapat ditambahkan untuk membuat hidangan lebih bergizi. Sebagai contoh di Ilocos sendiri, sebuah provinsi di utara  Filipina, mereka dapat memasak daging kambing dalam berbagai cara (panggang, goreng, dengan sup, dan lain-lain). Tapi dari semua itu, kambing Kalderetang masih  merupakan yang favorit.


7. Kwek-Kwek



   Kwek-kwek biasanya adalah jajanan anak sekolahan. Penjual biasanya hanya menggunakan gerobak kaki lima lalu mulai beraksi disore hari. Siapapun sebenarnya, dari kalangan apapun, bisa menikmatinya. Harga yang murah dan terjangkau membuat jajanan ini sebagai salah satu yang terkhas dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Filipina. Jika  pinggiran Indonesia banyak yang berjualan Martabak dan Pisang goreng. Di Filipina akan banyak anda temui berjualan Kwek-kwek. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang  direbus, kemudian dibalut tepung berwarna oranye dan digoreng hingga renyah. Versi lain dari makanan ini adalah tokneneng. Cara membuatnya sama dengan kwek-kwek, hanya saja terbaut tokneneng terbuat dari telur ayam.


8. Kinilaw



  Hidangan yang satu ini terbuat dari Ikan mentah, namun rasanya sangat lezat. Biasanya makanan ini dicampur dengan tuna mentah dan cuka dan jeruk, ditambah dengan cabai dan bawang untuk menambah rasa.


9. Polvoron



Jajanan yang satu ini sangat disukai oleh orang Indonesia juga. Setiap kali saya pulang Indonesia, tidak ada satupun orang kita yang tidak menghabiskan jajanan manis ini.  Polvoron adalah roti lembut yang mudah hancur karena dibentuk dari butiran-butiran halus. Roti ini dibuat dari tepung, gula, susu, dan kacang. Menurut Wikipedia, Polvorone adalah jajanan populer di seluruh Spanyol dan daerah bekas jajahannya seperti di Amerika Latin dan Filipina. Secara tradisional jajanan ini sebetulnya disiapkan untuk bulan September hingga Januari tetapi sekarang sudah bisa dinikmati sepanjang tahun.


10. Bicol Express



  Makanan yang satu ini sangat cocok untuk orang Indonesia karena pedasnya mampu menyaingi makanan makanan dari Negara lain. Semakin panas semakin nikmat rasanya. Bicol express juga sangat mudah ditemukan  hampir diseluruh rumah makan sederhana di Filipina, maupun direstoran cepat sajinya. Bahkan Bicol Express memiliki restorannya  sendiri yang bernama Bicol Express. Makanan ini komposisinya terbuat dari strip daging babi dan siling labuyo dan dimasak dengan santan. Konon. Makanan ini benar-benar membuat para penikmatnya akan membelalakan mata ketika menyantap. Sangat pedas..