MAKANAN KHAS CAMBODIA

Jumat, 24 Februari 2017

1. Bok L’hong Papaya Salad

20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja

Bok L’hong (បុកល្ហុង): salad pepaya muda ala Khmer, ditumbuk dan dicampur di dalam cobek. Hidangan ini mirip dengan tam mak hang khas Laos, namun memakai kemangi thai, buncis, kacang tanah yang disangrai, tomat mini, kepiting kecil yang difermentasi, ikan asap atau ikan asin, dan cabai. Saus berupa campuran jeruk limau, kecap ikan, dan prahok. Ini Merupakan Favorit Baihaqi Zhai Disini, Karena Melepas Rindu Dengan Rujak Ala Indonesia.


2. Ansom chek (អន្សមចេក):

Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja Ansom-chek

Beras dan pisang dibungkus daun pisang, dibungkus memanjang dengan daun pisang seperti lontong dan dikukus. Kalau Di Daerah Baihaqi Zhai Biasanya Di Sebut Kue Pipis atau Kue Nagasari, Kuenya Mirip Seperti Makanan Jawa.


3. Ansom chrook (សន្សមជ្រូក):

Ansom chrook

Beras, daging babi, dan pasta kacang hijau dibungkus memanjang dengan daun pisang seperti lontong dan dikukus. Jadi Kayak Makan Bakchang Saat Festival Bakchang Lho, Rasanya Nikmat dengan Campuran Babi Yang Lezat.


4. Bai sach chrouk

Bai sach chrouk Kamboja

Bai sach chrouk berarti babi dan nasi. makanan ini merupakan menu sarapan yang populer di Kamboja. Biasanya dijual di kedai-kedai pinggir jalan pada pukul enam sampai sembilan pagi. Makanan ini bahan-bahannya cukup sederhana. Terbuat dari daging babi yang diiris tipis, diolesi kecap, santan atau bawang putih dipanggang di atas bara arang agar rasa manis keluar. disajikan bersama nasi acar mentimun. sebagai pelengkap disediakan kaldu ayam yang ditaburi bawang merah dan irisan daun bawang. Nasi dalam bai sach chrouk terbuat dari butiran beras patah, beras berkualitas buruk yang biasa dijadikan pakan ayam. Pemilihan beras ini lebih merupakan tradisi Kamboja.Kalau sedang berkunjung ke Phnom Penh, Anda akan menjumpai penjaja makanan ini di sudut-sudut jalan kota tersebut.


5. Babar (បបរ):

Babar

Bubur beras, bisa tidak dicampur ayam, namun biasanya adalah bubur ayam atau bubur babi yang dihidangkan dengan tauge dan daun bawang. Babar praey adalah bubur asin. Makanan Lezat Bubur Ini Bisa Menggunakan Ayam, Babi, Sapi, dan Ikan.


6. Bai cha (បាយឆា)

Bai cha

Bong, Bai Cha Mui?? Bang, Tolong Nasi Gorengnya Satu. Variasi orang Khmer untuk nasi goreng. Jajanan Malam Yang Wajib di Coba Agan Setelah Sampai Kamboja, Pilihan Nasi Goreng Juga Ada Nasi Goreng Sapi, Babi, Ayam, Seafood, Udang, Cumi, dan Ikan


7. Ang dtray-meuk


Ang dtray-meuk

Ang dtray-meuk sebenarnya adalah cumi-cumi utuh yang dipanggang. Ang dtray-meuk adalah jajanan yang biasa ditemui di kota-kota pesisir seperti Sihanoukville dan Kep. Para penjaja makanan ini biasanya membawa pemanggang yang dipikul di pundak. Cara pembuatannya sangat sederhana. Cumi-cumi diolesi dengan perasan jeruk nipis atau saus ikan kemudian dipanggang di atas barang arang. Untuk penyajiannya disediakan saus kemerahan khas Kamboja dalam mangkuk kecil.


8. Ban Hoaw (បាញ់ហយ):

Ban Hoaw (បាញ់ហយ)

Bihun dengan kuah saus ikan manis, dihidangkan bersama daun mint, kacang tanah yang dihaluskan, acar sayuran, dan lumpia.


9. Semut merah dengan daging dan daun basil


Serangga Kamboja

Serangga adalah bahan makanan yang sering dijumpai dalam kuliner Kamboja. Tarantula, jangkrik, belalang, dan kalajengking biasanya dijadikan cemilan khas yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Kalau Anda ingin mencoba salah satu dari makanan ekstrem ini, pilihlah semut merah. Rasa dan bentuknya lebih mudah diterima lidah orang asing daripada jangkrik atau kalajengking. Semut merah dalam berbagai ukuran digoreng dengan jahe, serai, bawang putih, daun bawang dan irisan daging sapi. Untuk melengkapi citarasa alami semut yang cenderung asam, ditambahkan pula cabai yang berlimpah.


10.Caw (ខ ឬសម្លខ):

Caw

Semur-Semuran, Seperti Semur daging ayam, daging babi, dan telur dengan gula jawa; kadang-kadang ditambah dengan tahu atau rebung. Masakan ini mirip dengan thịt kho dari Vietnam. Cha knyey (ឆាខ្ញី): cah daging pedas dengan merica, irisan halus jahe, dan cabai.