CAMILAN YANG PERLU DI COBA SAAT DI SINGAPORE

Kamis, 23 Februari 2017

 Camilan biasanya sebagai pendamping kala bersantai atau juga bisa mengganjal perut yang lapar ketika sedang berjalan-jalan. Sebut saja di Singapura, banyak dijajakan aneka cemilan di pinggir jalan dengan harga terjangkau. Pengunjung dapat menikmati camilan itu sambil melihat-lihat sekitar lokasi dan sekaligus sebagai wisata kuliner. Tak seru kan kalau ke singapura nggak merasakan makanan khas disana. Walaupun makanan ini tak begitu terkenal dibandingkan dengan makanan Thailand atau Jepang, tapi tak ada salahnya kalian mencobanya. Berikut ini camilan yang direkomendasikan dengan harga tidak lebih dari  $ 3 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

1. Epok-epok

epok-epok singapura

Epok-epok di Singapura sering kita kenal dengan curry puff atau karipap. Bisa dikatakan bentuknya mirip dengan pastel kalau di Indonesia. Isi epok-epok sendiri terdiri dari kari kentang, bawang, cabai cincang, telur rebus, dan ayam. Isi tersebut dibalut kulit yang terdiri dari adonan tepung terigu, mentega, dan garam. Ada juga pilihan isi lain yaitu sarden. Sarden yang digunakan adalah sarden kalengan sebagai pengganti ayam. Kebanyakan kios menjual kedua jenis ini. Untuk membedakan, ada tanda titik berwarna merah untuk isi kari ayam dan hijau untuk sarden. Harga epok-epok dibandrol sekitar $ 0,70 sampai $ 1,50.

2. Putu Mayam


putu mayam singapura

Putu mayam kalau di Indonesia terkenal dengan putu mayang. Komposisinya sama, yang membedakan adalah pelengkapnya. Adonannya terdiri dari tepung beras dan santan dibentuk seperti mie sohun. Berbeda dengan di Indonesia, putu mayang disajikan dengan santan dan gula jawa, kalau di Singapura disajikan dengan parutan kelapa dan gula jawa. Rasanya yang manis akan menambah selera kita untuk segera melahapnya. Sajian ini dapat dinikmati semua umur dan kalangan. Anggaran untuk membeli putu mayam sekitar $ 1.50 sampai $ 2,50.

3. Chee Cheong Fun


Chee Cheong Fun Singapura

Chee Cheong Fun adalah salah satu jenis dari dim sum. Adonannya terdiri dari tepung maizena dan tepung terigu. Setelah dikukus, biasanya disiram engan saus manis, daun bawang, bawang goreng, wijen dan saus sambal. Sangat enak bila dinikmati saat santai sebagai makanan ringan. Makanan ini juga ada di Penang Malaysia. Jadi jika kalian berkunjung ke Singapura, cicipi makanan ini sebagai makanan ringan di sana. Harganya berkisar antara $ 1 sampai $ 1,60.

4. Steamed bun (roti manis kukus)

Steamed buns singapura

Sama halnya dengan Chee Cheong Fun yang merupakan salah satu jenis dari dim sum, Steamed bun juga merupakan salah satu jenis roti kukus. Sebenarnya ada banyak aneka roti kukus seperti char siew bao (rasa manis dengan isian babi), da bao (roti besar dengan isian daging babi, kubis, telur, daun bawang), lian rong bao (pasta lotus manis), dou sha bao (pasta kacang merah, mirip dengan kacang azuki Jepang). Jika kalian adalah seorang vegetarian, kalian dapat memesan steamed bun dengan isian rebusan sayur. Mau rasa manis ataugurih tergantung selera masing-masing. Harga camilan ini sekitar $ 0,80 sampai $ 1,80.


5. Mi Chaim Kueh


Mi Chaim Kueh singapura

Mi Chaim Kueh ini sejenis pancake yang diberi taburan kacang dengan tekstur chewy. Saat ini, ada rasa baru seperti cokelat, blueberry dan selai kelapa. Pilihlah sesuai selera, tapi yang recommended adalah yang original dengan taburan kacang.

jangan lupa di coba ya beberapa cemilan dari singapore ^_^